Selasa, 30 November 2021

SMPN 7 Cibeber Siap dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) - CBT

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. 

A. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Selama pandemi Covid – 19 melanda dunia dan juga tentunya tak luput melanda negeri kita tercinta Indonesia memberikan banyak warna dalam rangka pengupayakan belajar yang tetap menyenangkan, dan di tetapkannya kebijakan – kebijakan dalam mengatur pelaksanaan proses pembelajaran secara formal di lingkungan pendidikan. Hal ini juga tentunya kita alami bersama dan tetap berproses dalam kegiatan belajar mengajar sudah di berlakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran yang sudah sangat familiar bertatap muka di berbagai aplikasi yang membutuhkan jaringan internet yang memadai. Semuanya berlangsung secara online atau daring.

Namun di masa sekarang ini muncul dibukanya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan bahkan sudah di berlakukan di SMPN 7 Cibeber yang tentunya sudah memperoleh perizinan dari pemerintah terkait yang berada di wilayah sekolah masing – masing. PTMT menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang dinilai efektif untuk mengubah tingkah laku tersebut, karena di dalamnya ada interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik. Saat ini PTMT yang dilakukan di SMPN 7 Cibeber adalah PTM dengan model Blended Learning yaitu dengan sistem penggabungan antara dua metode atau pun lebih di dalam pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu  dengan  penerapan  PTM  terbatas  dan  pembelajaran  sistem online.  PTMT di masa pandemi seperti  ini  bukanlah  hal  yang  mudah  untuk  dilaksanakan, semua membutuhkan adaptasi, baik itu dari sisi tenaga pendidik, peserta didik, orang tua, dan juga fasilitas yang cukup menunjang untuk melaksanakan pembelajaran itu sendiri. Adapun kunci  utamanya  yaitu  penerapkan  adaptasi  kebiasaan  baru  dengan  cara  menerapkan  cara hidup  yang  akan  mengarahkan  terciptanya  kehidupan  serta  kebiasaan  baru  yang  diiringi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Adapun kebiasaan baru pada masa pandemi ini meliputi penggunan masker, handsanitizer,  dan proses pembelajaran dengan waktu yang lebih singkat, dan hal yang  mendukung  keselamatan  bersama.  Zona wilayah untuk  melaksanakan  PTMT  adalah wilayah dengan zona hijau di bawah pengawasan satgas covid-19 setempat. Dibukanya kembali dunia pendidikan membutuhkan kesiapan orang tua yaitu kesediaan untuk melakukan sesuatu dengan segala resiko yang dihadapi. Orang tua sebagai orang yang mempunyai  tanggung  jawab  utama  dalam  pendidikan  anak-anaknya. Kesiapan orang tua erat kaitannya dengan partisipasi orang tua yang mempengaruhi terhadap peningkatan kualitas program pendidikan. Dengan kata lain kesiapan orang tua yang dimaksud  adalah kesediaan orang  tua baik  untuk  hal-hal  yang  bersifat  materi maupun non materi.

Jumlah  siswa yang  hadir  dalam  satu  sesi  kelas  dimasa PTMT hanya boleh 50% saja dan tidak lebih. Pemberlakuan kebijakan ini diharapkan agar para siswa dan tenaga pendidik telah terbentuk herd immunity pada tubuhnya, sehingga dapat diharapkan menurunkan angka penyebaran covid-19. Selain itu, diharapkan pula muncul rasa aman untuk mengikuti proses pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan ini masih menggunakan sistem hybrid learning. Para siswa yang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di sekolah jumlahnya masih dibatasi.  Sementara untuk siswa yang lainnya tetap mengikuti pembelajaran secara daring. Model hybrid learning ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran full secara daring. Pada model pembelajaran ini, siswa dapat secara aktif berdiskusi, dan tenaga pengajar juga dapat memantau secara jelas peserta didik akan keaktifan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan.

Jadwal Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)



Jadwal Pembelajaran Daring/Luring 


B. Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan CBT

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMPN 7 Cibeber untuk kelas VII, VIII, dan IX  menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi Candy-CBT, berbeda dengan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) sebelumnya dilakukan dengan menggunakan Google Form.

Aplikasi Google Form dan Aplikasi Candy-CBT dalam pelaksanaan ujian yang telah dilakukan dan menimbang adanya kelemahan dan kelebihan dari masing-masing aplikasi maka untuk selanjutnya akan diuji cobakan untuk menggunakan 2 aplikasi pada saat pelaksanaan ujian. Aplikasi yang direkomendasikan adalah Google Form dan Candy-CBT. Aplikasi Google Form sangat mendukung untuk ujian Full Online. Sedangkan  Candy-CBT sangat mendukung untuk ujian semi-online.

Candy-CBT, sebenarnya pernah digunakan pada tahun ajaran 2018/2019 SMPN 7 Cibeber sudah menyelenggarakan PASBK tetapi hanya 4 (empat)  mata pelajaran saja yaitu mata pelajaran yang di UN-kan khusus kelas IX dan tahun ajaran 2019/2020 dicobakan dengan seluruh mata pelajaran (11 MP termasuk mulok) khusus untuk kelas IX, karena keterbatasan komputer dan sarana lainnya. 

Pada tahun ajaran 2021/2022 persiapan PAS-CBT yang akan dilakukan oleh Panitia PAS-CBT melalui uji kesiapan server dan client dengan mengadakan Uji Coba PAS-CBT pada hari Rabu,  1 Desember 2021 dengan melibatkan seluruh calon peserta PAS-CBT yang berjumlah 161 siswa kelas VII, VIII dan IX yang dibagi menjadi 2 sesi dan 6 ruangan.

Tampilan Server PAS-CBT SMPN 7 Cibeber

Adapun Persiapan yang dilakukan untuk persiapan PAS-CBT, diantaranya:

  • Mempersiapkan 3 server, yang terdiri dari:
    • SMPN 7 Server 01, Server khusus kelas VII;
    • SMPN 7 Server 02, Server khusus kelas VIII; dan
    • SMPN 7 Server 03, Server khusus kelas IX
  • Input Data Master, yang terdiri:
    • Data Siswa, input NIS dan No. Peserta
    • Data Ruangan, pembagian ruangan PAS-CBT;
    • Data Sesi, pembagian sesi; dan
    • Data Server, penggunaan server yang akan digunakan.
  • Input Soal pada Bank Soal oleh Guru Mapel.
  • Install exambrowser pada HP Siswa dan Tab. Sekolah; dan
  • Uji Coba server dan client, 3 server dan client yang menggunakan HP siswa dan android siswa;
Input/Upload Soal Pada Aplikasi Candy-CBT

Semoga apa yang sudah direncanakan berjalan dengan baik dan sukses, tentunya dengan adanya kerjasama yang baik, bersinergi dalam satu siklus yang saling mendukung maka belajar dalam kondisi apapun kita tetap dapat menjaga semangat belajar, memiliki kreatifitas yang tidak berbatas, prestasi tidak kendor, kita siap menjadi pioneer dalam setiap kondisi. Sekali lagi salam sehat, dan taat protokol kesehatan. Aamiin  Ya Rabb... (ZY)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




7 komentar:

  1. Luar biasa pak...keren banget ☝

    BalasHapus
  2. Mantap Hebat Kereeen Luar Biasa KangπŸ‘πŸ‘πŸ‘Sukses Terus y Booss Terbaik Selamanya AamiinπŸ€²πŸ™πŸ‘πŸ’–πŸ’

    BalasHapus
  3. Mantafff pa Zul...πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus